pamflet kumbajamba4

EVENT KUMBAJAMBA#4 2015

by / 0 Comments / 946 View / November 18, 2015

Term Of Reference KUMBAJAMBA 2015

          Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan beragam budaya dan kesenian, di mana manusia yang tumbuh di dalamnya mewarisi keanekaragam itu. Terbagi atas pulau-pulau yang masing-masing memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri, membuat Indonesia terlihat sangat cantik di mata dunia dari keanekaragaman/keunikan budayanya. Dilihat dari keragaman budaya yang berasal dari nenek moyang, turun temurun, maupun adanya akulturasi budaya pada masa penjajahan, yang kemudian dikemas secara apik dan lalu diapresiasi oleh seluruh masyarakat baik dalam negeri maupun internasional. Namun sekarang ini kebudayaan Indonesia mulai menurun dan hilang. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia saat ini lebih menganut budaya barat dibandingkan budaya Indonesia sendiri. Menurunnya moral dan teknologi yang makin canggih menyebabkan masyarakat menjadi individualisme.

          Oleh karena itu kami mengadakan sebuah acara yaitu KUMBAJAMBA (Kumpul Bareng Ngejam Bareng). KUMBAJAMBA#4 tahun ini mengusung tema “Mengangkat Tradisi Memacu Kreasi” karena dengan adanya tradisi memunculkan kreasi untuk melestarikan kebudayaan tradisional. KumbaJamba merupakan suatu acara pentas seni baik musik, tari, teater dll. Acara KUMBAJAMABA kali ini adalah yang keempat kali diadakan Kokerma Semarang karena acara ini merupakan salah satu program kerja tim Animasi KOKERMA Kevikepan Semarang yang bekerja sama dengan KMK. KUMBAJAMBA pertama kali dilaksanakan pada tanggal 14 September 2012 yang dimana pada saat itu Isu SARA mulai merebak bertepatan dengan pesta demokrasi. Berbagai diskusi dilakukan untuk mencegah timbulnya efek negatif atas isu tersebut. Oleh karena itu mahasiswa Katolik Semarang turut prihatin dengan situasi di masyarakat dan untuk mempererat persatuan saat merebaknya isu-isu tersebut salah satu cara adalah melalui musik yang bersifat universal. Berdasarkan keprihatinan tersebut muncul ide untuk membuat KUMBAJAMBA#1 dengan mengangkat tema “United in Music” yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Semarang (USM). Acara ini cukup menyita perhatian mahasiswa Katolik di Semarang sehingga pada tanggal 08 November 2013 KUMBAJAMBA#2 dilaksanakan kembali dengan tema “Mix Max (Mixing Our Maximal Potential)” yang dilaksanakan di Gedung pertunjukan B6 FBS Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pada tahun 2014 masyarakat Indonesia dihadapkan pada teror yang mengancam nilai-nilai kebhinnekaan yang memberitakan tentang kekerasan berbasis agama dan penyerangan pada satu kelompok tertentu sudah menjadi santapan sehari-hari. Identitas yang beragam cenderung diseragamkan untuk tunduk pada identitas mayoritas. Hal ini yang menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan KUMBAJAMBA#3 2014 yang mengangkat tema “INCLUSIVE (Initiate the Closeness within Symphony and festive)” dimana Universitas Diponegoro menjadi tuan rumah, yang kemudian acara ini dilaksanakan pada tanggal 15 November 2014 di gedung serbaguna SLB Semarang.

          Pada tahun 2015 ini diadakan KUMBAJAMBA#4 dengan tujuan dari terbentuknya acara KUMBAJAMBA#4 ini untuk menggabungkan budaya tradisional yang sudah mulai dilupakan oleh para kaum muda terutama mahasiswa dan digabungkan dengan budaya modern. Judul dari acara ini yaitu “CULTURE GARDEN PARTY” dimana dalam judul ini mampu mengangkat budaya tradisional dan juga modern. Acara ini secara khusus untuk mahasiswa katholik se-kota Semarang dan yang bertindak sebagai tuan rumah tahun ini adalah Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

          Acara ini akan diadakan pada hari Sabtu 05 Desember 2015 bertempat di Gedung Pusat Lantai 7 Universitas PGRI Semarang. Seluruh penampil atau pengisi acara menampilkan seni yang sesuai dengan tema yaitu Mengangkat Tradisi Memacu kreasi yang dapat berupa musik, tari maupun drama dimana tampilan yang akan dipersembahkan kepada penonton tentunya bernilai positif dan juga menghibur para penonton. Acara sendiri dimulai pukul 15.00 dan pada akhir acara dimeriahkan oleh adanya guest star atau bintang tamu agar penonton lebih terhibur.

LINK DAFTAR KUMBAJAMBA#4

Kokerma Semarang akan mengadakan kegiatan “KUMBAJAMBA #4” berbentuk Culture Garden Party dengan tema “Mengangkat Tradisi Memacu Kreasi” yang akan dilaksanakan pada

Hari               : Sabtu, 05 Desember 2015
Pukul             : 15.00 WIB – Selesai
Tempat         : Auditorium Gedung Pusat Lantai 7. Universitas PGRI Semarang

Kami juga menyediakan Stand bagi KMK yang ingin melakukan penggalangan Dana Usaha dengan batas Konfirmasi tanggal 20 November 2015.

PERSYARATAN  KUMBAJAMBA 2015

  1. Band atau Akustik
  • Lagu maksimal berdurasi 10 menit
  • Menyanyikan 1 lagu wajib yaitu lagu daerah
  • Lagu lainnya bebas
  • Memberikan Alasan dan tujuan saat memilih lagu yang dibuat dalam bentuk Sinopsis
  1. TARI
  • Durasi Tarian Maksimal 10 menit
  • Membawa Kostum dan Make up sendiri
  • Tari dapat berupa gabungan tarian tradisional dan Modern
  • Memberikan Alasan dan tujuan saat memilih tarian yang dibuat dalam bentuk Sinopsis
  1. DRAMA
  • Durasi maksimal 15 menit
  • Membawa Kostum, Make up dan Properti sendiri
  • Judul dan jalan cerita Harus jelas
  • Diusahakan mengangkat cerita rakyat
  • Memberikan Alasan dan tujuan saat memilih Drama yang ingin ditampilkan yang dibuat dalam bentuk Sinopsis

 

Batas Konfirmasi:  16-20 November
Batas pengiriman Sinopsis: 25 November 2015
Cp: Prima Adi (085640806699)
Fransiskus Ari (085713619010)

Comments

comments

Your Commment

Email (will not be published)