2

Pelatihan ANSOS #2

by / 0 Comments / 14 View / September 17, 2017

Syaloomm 🙂

Mungkin teman-teman sudah pada baca yaa kegiatan dari TIM EDUKASI KOKERMA 2017 tentang Pelatihan ANSOS tahap 1. Sudah diceritakan juga kalau bakal ada pelatihan tahap selanjutnya. Nihh kali ini TIM EDUKASI mau berbagi cerita lagi tentang Pelatihan ANSOS tahap 2.

Tema Pelatihan ANSOS tahap 2 ini adalah “Membentuk Generasi Muda yang Tangguh dan Inspiratif”. Tema yang zupeeer yaaa! Pelatihan ini bertujuan untuk membangun ketrampilan dan gaya mengajar yang melayani bagi para pendamping Ansos angkatan 2017, seperti pemahaman mengenai materi Laudato Si, Kebijakan Publik, Lensa Policy Isu, dan Lesson Study.

Pelatihan ANSOS tahap 2 dilaksanakan pada hari Sabtu, Minggu, dan Senin, tanggal 29 – 30 April 2017 dan 1 Mei 2017 bertempat di Wisma Abdi Kristus, Gedang Anak, Ungaran.

Pada hari Sabtu, 29 April, kami tiba di lokasi pukul 14.00 dan mulai serangkaian kegiatan pukul 17.00, diawali dengan “Prepare Lesson Study”. Banyak pelajaran yang kami dapat karena pada sesi ini kami belajar seputar perkuliahan ansos pada tahun 2016 dan tahun sebelumnya. Kami menyiapkan berbagai teknik menyampaikan materi dalam proses perkuliahan, cara menarik perhatian audiens, bagaimana menghadapi audiens dengan baik, cara menghilangkan demam panggung atau rasa gugup dalam mengajar dan bagaimana kita harus memperlakukan audiens dalam proses kegiatan perkuliahan ansos, serta peserta diberikan kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan mengajar ansos. Sesi selanjutnya adalah nonton film berjudul“Hotel Rwanda”. Nonton film bukan sekedar menonton namun kali ini kami harus mencermati setiap konflik yang adadan berdiskusi mengenai upaya yang dilakukan agar dapat menyelesaikan sebuah konflik dan mewujudkan sebuah perdamaian.

1

Minggu, 30April 2017 – sesi berlanjut dengan sesi “Who Am I?” yang bertujuan agar dapat mengenal lebih baik tentang konsep diri peserta secara lebih mendalam dan lebih menyeluruh. Sesi selanjutnya adalah  “Lesson Study” dimana kami mempaktekkan teori yang didapat pada hari Sabtu. Suasana dibuat seolah sedang benar-benar mengajar peserta ANSOS dimana ada pihak yang berdiri di depan untuk menyampaikan materi dan ada pihak yang mendengarkan materi yang dipaparkan. Tentunya masih banyak kekurangan dari kami dalam menyampaikan, namun karena ada peran dari Suster  Christo dan Mas Eri, kami diberi banyak masukan dan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ditunjukkaan selama proses kegiatan Lesson Study, serta menjadikan pengajar ANSOS 2017 menjadi lebih baik dalam mengajarkan materi kepada peserta perkuliahan ANSOS. Setelah berdinamika bersama kelompok, kegiatan berlanjut dengan sesi bersama Mas Ipung (Pendamping ANSOS kami, kalau yg mantan anak ANSOS pasti tau lah beliau ini siapa..), nahh di sesi ini kami belajar mendalami kasus yang real terjadi di Indonesia dan mencari jalan keluar dari kasus yang ada, tentunya dengan berbagai metode pemecahan masalah tanpa ada pihak yang dirugikan. Hari sudah semakin malam, setelah makan malam kami berdiskusi tentang  penyusunan modul dan silabus. Modul dan silabus buat apa sih? Ya tentunya digunakan sebagai pedoman dalam mengajar, untuk mempermudah pengajar maupun peserta ANSOS 2017. Silabus yang dirasa sudah tidak cocok akan diganti dengan materi-materi baru yang telah didapatkan peserta selama pelatihan pengajar ansos 2017.

2

Berkah Dalem.

Comments

comments

Your Commment

Email (will not be published)